Kekhawatiran akan turunnya performa bisnis setelah Lebaran bukanlah isapan jempol belaka. Fenomena penurunan penjualan ini umum terjadi di berbagai sektor, baik bisnis online maupun offline. Hal ini biasanya disebabkan oleh pola konsumsi masyarakat yang sudah meningkat selama hari raya, dan kini mulai kembali fokus pada rutinitas sehari-hari.
Untuk mengantisipasi penurunan penjualan, kamu perlu menyiapkan strategi bisnis pasca Lebaran yang tepat. Dengan perencanaan yang jitu, kamu tetap bisa mempertahankan omzet meski peak season telah berlalu. Kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan yang optimal, saat kamu cerdik memahami situasi dan menjalankan strategi.
Strategi Bisnis Setelah Lebaran Tetap Laris Manis


Untuk merancang strategi bisnis setelah Lebaran, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi kinerja penjualan selama periode Lebaran sebelumnya. Dari hasil evaluasi tersebut, kamu bisa menganalisis berbagai aspek yang dapat dijadikan pondasi untuk menyusun strategi bisnis pasca-Lebaran dengan lebih terarah dan efektif.
- Tawarkan Program Promosi yang Menarik
Cermat dalam melihat situasi membantumu merancang promosi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat setelah hari raya. Kamu bisa menarik perhatian audiens dengan mengemas produk dalam bentuk penawaran yang terlihat menguntungkan bagi mereka, misalnya promo back to work, flash sale, bundling, dan berbagai strategi menarik lainnya.
- Diversifikasi Produk Bisnis
Pikat perhatian audiens dengan mendiversifikasi produk-produk unggulanmu yang laris di pasaran. Kamu bisa memperbarui produk best seller atau meluncurkan varian baru dari bisnismu. Strategi diversifikasi produk ini akan menghadirkan angin segar yang membuat audiens kembali tertarik untuk melirik dan mencoba bisnismu.
- Optimalkan Pemasaran Dengan Digital Marketing
Dengan hadir secara aktif di dunia digital, kamu bisa memperkuat branding sekaligus membangun kredibilitas di mata audiens. Pilih dan pelajari platform digital yang paling sesuai dengan karakter dan tujuan brand bisnismu, agar strategi pemasaranmu berjalan lebih optimal.
- Bergabung di Pameran Bisnis Offline
Cara ini bisa menjadi langkah proaktif untuk meningkatkan visibilitas bisnismu di mata audiens.Agar strategi ini berjalan optimal, pastikan bisnismu direpresentasikan melalui stand booth pameran yang menarik, dilengkapi dengan standing display yang unik serta staff yang interaktif untuk menciptakan pengalaman yang berkesan.
- Jalin Kemitraan Dengan Bisnis Lokal Lain
Bangun kolaborasi dengan bisnis lokal lainnya! Kamu bisa merancang cross-promotion dengan bisnis yang sifatnya komplementer. Bentuk kerjasamanya bisa beraneka ragam, mulai dari membuat promo bundling hingga menghadirkan pop-up store dengan stand booth pameran atau standing display di lokasi bisnis partnermu.
Kesimpulan
Penurunan bisnis setelah lebaran memang hal umum yang sering terjadi. Namun dengan strategi khusus, para pebisnis bisa menjaga kestabilan penjualan bahkan bisa meningkatkan omzet juga. Momen setelah lebaran tetap bisa jadi ladang cuan untuk bisnismu apabila kamu peka, cermat, dan juga adaptif. Perkuat awareness bisnismu melalui strategi marketing yang efektif, baik secara online maupun offline.
Dispop! siap mendukung kebutuhan branding bisnismu melalui jasa pembuatan stand booth pameran, standing display, dan berbagai kebutuhan promosi lainnya. Dikerjakan secara profesional, dengan desain menarik dan kualitas yang terjamin. Sudah banyak brand yang mempercayakan kebutuhan branding mereka kepada Dispop!, sekarang giliran bisnismu untuk mencoba!
Frequently Asked Question:
Q: Mengapa bisnis mengalami penurunan pasca lebaran?
A: Setelah Lebaran usai, biasanya terjadi perubahan dalam prioritas konsumen. Setelah mengalokasikan anggaran besar untuk merayakan hari raya, konsumen cenderung menjadi lebih selektif dalam berbelanja, fokus pada kebutuhan utama dan mulai kembali ke rutinitas sehari-hari.
Q: Bagaimana mempertahankan bisnis pasca lebaran?
A: Jaga kestabilan bisnis setelah lebaran dengan strategi marketing yang jitu. Kamu bisa menawarkan program promosi, mendiversifikasi produk, mengikuti pameran offline, memperkuat awareness dengan digital marketing dan menjalin kerjasama dengan bisnis lain.
Q: Apa saja rekomendasi bisnis yang dicari pasca lebaran?
A: Walaupun ekonomi cenderung lesu, ada juga bisnis setelah lebaran yang bersinar di momen ini. Mulai dari jasa laundry, jasa pencucian kendaraan, jasa bersih-bersih rumah, katering sehat, dan masih banyak lagi lainnya.